Sabtu, 12 Februari 2011

Repelita 1 (1969-1974)

Repelita 1 (1969-1974)

Repelita atau Rencana Pembangunan Lima Tahun yang dicanangkan oleh presiden Soeharto pertama kali dilaksanakan pada tahun 1969 atau lebih dikenal sebagai Repelita 1..
Repelita 1 ini mempunyai fokus pembangunan pada bidang pertanian sehingga perekonomian Indonesia dapat mendapatkan surplus dari bidang pertanian.. Banyak program yang dilakukan oleh pemerintah untuk merealisasikan programnya tersebut, antara lain :


1. Memberikan bibit unggul kepada petani dan melakukan beberapa eksperimen untuk mendapatkan bibit unggul yang tahan hama tersebut

.

2.  Memperbaiki infrastuktur yang digunakan oleh sektor pertanian seperti jalan raya, sarana irigasi sawah dan pasar yang menjadi tempat dijualnya hasil pertanian.


3  Melakukan transmigrasi agar lahan yang berada di kalimantan, sulawesi, maluku dan papua dapat diolah agar menjadi lahan yang mengahasilkan bagi perekonomian.


Program Repelita 1 sangat berguna bagi perekonomian di Indonesia karena Indonesia adalah negara agraris, karena itu penduduk di Indonesia yang berprofesi sebagai petani mengalami peningkatan pendapatan dan hal tersebut juga mendorong perekonomian Indonesia karena dari sektor pertanian Indonesia sudah tidak lagi meng-impor beras melainkan sekarang Indonesia meng-ekspor beras dan hal itu merupakan bukti keberhasilan program Repelita 1 yang dicanangkan oleh pemerintah orde lama saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar